Jumat, 13 September 2013

RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS)




1.      Nama Mata Kuliah        : Patologi Sosial
2.      Semester                          : Ganjil
3.      Status                              : Wajib
4.      Mata kuliah prasyarat  : -
5.      Dosen                              : Marisa Elsera,S.Sos, M.Si


6.   Sinopsis Mata Kuliah :

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang patologi sosial, yaitu lmu tentang gejala-gejala sosial yang dianggap “sakit”  yang disebabkan oleh faktor-faktor sosial. Patologi sosial dianggap sebagai penyakit masyarakat, oleh karena itu peserta kuliah dibekali pemahaman tentang Pengertian, Latar belakang, dan Sejarah Patologi Sosial, Metodologi dan Teori-Teori Patologi Sosial, dan individu sosiopatik.

7.   Tujuan pembelajaran :

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan:
a.       Memiliki pemahaman tentang pengertian, latar belakang, sejarah patologi sosial, Metodologi dan Teori-Teori Patologi Sosial, dan individu sosiopatik.
b.      Memiliki pemahaman dan ketrampilan memecahkan secara konseptual masalah-masalah penyakit masayarakat seperti perjudian, korupsi, pelacuran, kenakalan remaja, dan lain-lain.
c.       Memiliki pengetahuan yang memadai tentang patologi sosial, memiliki ketrampilan memecahkan masalah penyakit masyarakat, dan memiliki sikap peduli terhadap masalah yang berkembang dalam masyarakat.
      9. Jumlah jam:
Kegiatan di dalam kelas (3 SKS x 16 minggu):
  1. Kuliah & diskusi                                 =   20 jam        ( 8 pertemuan)
  2. Presentasi tugas                                   =   20 jam        ( 8 pertemuan)
  3. total                                                     = 40 jam          (16 pertemuan)
Yang dimaksud dengan jam di sini adalah jam pelajaran (50 menit) sesuai dengan definisi SKS.  Selain itu, karena 1 SKS mengandung kegiatan untuk tugas mandiri yang terencana, maka direncanakan pula kegiatan berikut:

Tugas terencana di luar kelas (3 SKS x 16 minggu):
a. Membaca dan meresume bahan kuliah                    = 12 jam
b. Tugas kelompok                                                      = 12 jam
c. Studi mandiri/browsing Internet                             =   6 jam
total                                                                       = 24 jam
9.   Jadwal kegiatan mingguan :

BAB
Kegiatan di dalam kelas
Kegiatan di luar kelas

   I
Penjelasan RPKPS mata kuliah/mandiri
Membaca dan memahami RPKPS, membaca referensi,dan mematuhi disiplin
II
Pembahasan Konsepsi Patologi Sosial
 Mencari bahan kuliah tentang pengertian sosiologi hukum, perbedaan dengan filsafat hukum dan masyarakat
III
Pembahasan Teori Anomie
Membaca dan memahami materi kuliah
IV
Pembahasan Teori Labeling
Memahami kegunaan sosiologi hukum dari taraf organisasi, golongan masyarakat dan individual
V
Pembahasan Teori Konflik
Meresume materi kuliah
VI
Pembahasan Teori Kontrol
Membaca dan memahami pengaruh hukum terhadap masyarakat dan sebaliknya
VII
Pembahasan Teori Fenomenologi
Membahas masalah kesadaran hukum masyarakat dan peranan aparat pemerintah dan penegak hukum

Kegiatan di dalam kelas (pembahasan materi kuliah I – VIII, diskusi, ujian midterm, presentasi tugas kelompok, dilaksanakan pada waktu yang telah terjadwal. Kegiatan di luar kelas (browsing Internet,  pengerjaan tugas individu dan kelompok ) dilaksanakan dengan waktu yang lebih bebas, namun tetap dalam jadwal mingguan yang telah ditetapkan. Untuk kegiatan kelompok (pembuatan rencana kerja tugas kelompok, pengerjaan tugas kelompok, dan perbaikan laporan), penjadwalannya diatur menurut kesepakatan anggota dalam kelompok, tujuannya untuk menciptakan kemandirian kelompok dan kerjasama tim.
RPKPS mata kuliah diberikan kepada para peserta kuliah pada saat kuliah pertama dilaksanakan. Mahasiswa diwajibkan untuk mempelajari setiap materi sebelum pertemuan pembahasan materi di kelas, sehingga pembahasan di kelas lebih difokuskan pada konfirmasi dan diskusi atas apa yang telah dipelajari sendiri di luar kelas. Pembahasan materi difokuskan pada bagian-bagian penting dari materi dan detil-detil yang menjadi minat mahasiswa. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi dan minat mahasiswa.
Mahasiswa diminta agar aktif untuk mencari bahan tambahan sendiri untuk setiap materi melalui Internet, pustaka dan labor sosiologi. Agar lebih memudahkan mahasiswa dalam mencari bahan yang ada, diberikan akses untuk menggunakan fasilitas Internet di Labor Sosiologi. Praktek lapangan disiapkan untuk membantu mahasiswa agar lebih kreatif dalam memahami dan menerapkan konsep dan teori yang diajarkan. Pada saat praktek, mahasiswa dibekali pedoman wawancara dan sistem kerja lapangan serta penyusunan laporan. Di lapangan mahasiswa melakukan pengamatan dan analisis secara individu dan menyusun laporan secara individu. Setiap mahasiswa mempresentasikan laporan dan didiskusikan bersama dalam kelas.

Materi
Topik
Rincian isi materi
     I
Kontrak Perkuliahan
a.  Kesepakanan kontrak mata kuliah, RPKPS,
b.  Tata tertib perkuliahan
c.  Referensi mata kuliah.
     II
Konsepsi Patologi Sosial
a.       Pengertian Patologi Sosial
b.      Sejarah dan latar belakang Patologi Sosial
c.       Sifat-sifat Penyimpangan
d.      Jenis-jenis Patologi/Perilaku Menyimpang
e.       Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang
    III
Bentuk Perilaku Menyimpang
a.       Teori-Teori Penyimpangan
b.      Bentuk-bentuk Perilaku Menyimpang
c.       Antara Hukum dan Patologi Sosial dalam Perspektif Sosiologi
    IV
Pembahasan Teori Anomie
a.       Pengenalan Teori Anomie
b.      Kasus-kasus
     V
Pembahasan Teori Labeling
a.       Pengenalan Teori Labeling
b.      Kasus-kasus
    VI
Pembahasan Teori  Konflik
a.       Pengenalan Teori Konflik
b.      Kasus-Kasus
    VII
Pembahasan Teori Kontrol
a.       Pengenalan Teori Kontrol
b.      Kasus-kasus
   VIII
MID SEMESTER
BAHAN KULIAH
     IX
Pembahasan Teori Fenomenologi
a.       Pengenalan Teori Fenomenologi
b.      Kasus-kasus
      X
Individu Sosiopatik
Kasus-kasus
     XI
Masalah Perjudian
Kasus-kasus
    XII
Masalah Kriminalitas
Kasus-kasus
   XIII
Masalah Korupsi
Kasus-kasus
   XIV
Masalah Pelacuran
Kasus-kasus
    XV
Masalah Kenakalan Remaja
Kasus-kasus
   XVI
UAS
BAHAN-BAHAN I s/d XVI
                                                                                                                                                            
11. Penilaian: 
Penilaian akhir diberikan kepada mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan minimal 75%
  1. Penilaian individual, meliputi:
i.          Ujian Tengah Semester                25%
ii.        ujian akhir                                    40%
iii.      tugas                                             25%
iv.      Keaktifan                                     10%                                        

  1. Standar nilai : Sesuai buku pedoman
12. Bahan, sumber informasi dan referensi:
  1. Kartini,Kartono, 2009, Patologi Sosial, Jilid 1, PT. RajaGrafindo Persada, jakarta.
  2. Kartini-Kartono, 2010, Patologi Sosial 2- Kenakalan Remaja, . RajaGrafindo Persada, jakarta
3.      Romli Atmasasmita, H. 2007. Teori dan Kapita Selekta Kriminologi . Refika Aditama
4.      Carson, C. Robert., dan Butcher, James N. 1992. Abnormal Psychology and Modern Life. Ninth edition. New York: Harper Collins Publishers Inc.
5.      LITBANG Bandung. 2005. Studi Penanganan Masalah Perjudian di Kota Bandung.
6.      www.bandung.go.id/images/ragaminfo/perjudian/ diakses tanggal 12 Maret 2010.
7.      Davidson C.G; Neale.J; Kring A.M..2004.Psikologi Abnormal. Alih Bahasa Noermalasari Fajar. Jakarta: Raja Grafindo.
8.      Djamaludi Ancok, 2004. Psikologi terapan, (mengupas dinamika kehidupan umat manusia) Yogyakarta, Darussalam
9.      Mudjiran, 2002, Patologi Sosial Jilid 1 Padang FIP IKIP Padang
10.  Nevid J.S; Rathus S.A; Greene B.. 2003. Psikologi Abnormal. Alih Bahasa Tim Fakultas Psikologi UI. Jakarta: Erlangga


Tidak ada komentar: